Makna, Keutamaan dan Hikmah Hijrah

Pada dasarnya, hijrah adalah menghindari/menjauhi diri dari sesuatu, baik dengan raga, lisan dan hati. Hijrah juga dapat kita maknai sebagai “berpindah dari suatu situasi ke yang lebih baik, situasi yang lebih menguntungkan, situasi yang lebih kondusif untuk memaksimalisir pendayagunaan segala potensi diri yang kita miliki, mendayagunakan umur yang masih tersisa, mendayagunakan harta yang kita miliki, mendayagunakan ilmu serta ketrampilan yang kita kuasai, sehingga hidup dan kehidupan kita lebih bermakna dari hari-hari sebelumnya”.

“Hijrah” sebagai salah satu bahasan dalam Al-Qur’an, diartikan diantaranya.

  1. Pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain guna mencari keselamatan diri dan mempertahankan aqidah. Seperti firman Allah, “Barangsiapa yang berhijrah di jalan Allah niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak”. (An-Nisa: 100)
  2. Hijrah berarti pisah ranjang antara suami dan istri, seperti firman Allah, “Dan pisahkanlah mereka dari tempat tidur mereka” (An-Nisa: 34)
  3. Hijrah berarti mengisolir diri, seperti ucapan ayahnya Nabi Ibrahim kepada beliau, “Dan tinggalkanlah aku dalam waktu yang lama”. (Maryam: 46)

Dengan berhijrah di jalan Allah dan Rasul-Nya, maka seseorang akan memperoleh banyak keutamaan. Karenanya semangat hijrah tersebut hendaknya terus terjaga hingga maut menjemput kita. Diantara keutamaan hijrah adalah sebagai berikut.

  1. Akan diberikan keluasan rezeki. ”Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS an-Nisa’ [4]: 100).
  2. Dihapuskan kesalahan-kesalahannya. ”Maka, orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Pada sisi-Nya pahala yang baik.” (QS Ali Imran [3]: 195).

 

  1. Ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan mendapatkan jaminan surga-Nya. ”Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padanya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh di dalamnya kesenangan yang kekal. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS at-Taubah [9]: 20-22).
  2. Diberikan kemenangan dan meraih keridhaan-Nya. ”Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS at-Taubah [9]: 100).

Hijrah sebagai salah satu ajaran Allah swt. yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pastinya memiliki ajaran yang baik. Diantara hikmah yang kita dapatkan dengan berhijrah diantaranya.

  1. Kita dapat bekerja dengan sungguh-sungguh disertai keimanan yang kokoh dan keikhlasan yang murni.
  2. Amanah dalam melakukan sesuatu.
  3. Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan positif yang baru atau meninggalkan kebiasaan-kebiasaan negatif.
  4. Menjaga kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya.
  5. Menyehatkan keyakinan kita pada Allah swt.
  6. Dalam upaya menggapai cita-cita baik yang bersifat “duniawi” (seperti bekerja mencari nafkah, bermasyarakat, dll.) maupun “ukhrawi” (seperti dakwah, jihad, amar makruf nahi munkar, dll.) haruslah tetap sesuai dengan Sunnatullah.

Maka dari itu sebagai muslim yang baik, janganlah takut untuk berhijrah, dengan niat berhijrah karena Allah swt. maka sungguh kita akan mendapatkan pahala sekalipun di tengah jalan kematian menghampiri.

 

Sumber :

Al-Qur’an dan Al-Hadist

https://hikmah32.wordpress.com/2009/12/18/memahami-makna-hijrah-relevansinya-saat-ini/

http://www.ppmdiniyyahpasia.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=109:makna-hijrah-dalam-kehidupan&catid=43:artikel\

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/15/10/16/nwaesy301-keutamaan-hijrah

http://zubairitrainer.com/2013/11/04/5-mutiara-hikmah-hijrah-rasulullah/

 

Published by

mayarosalinda

Extraordinary Mind

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *